Peninggalan Sejarah Mosaic Dari Abad Masa Silam

Mosaic adalah seni membuat gambar dengan satu himpunan potongan-potongan kecil dari kaca berwarna, batu, atau bahan lainnya. Sebuah teknik seni dekoratif, sebuah aspek dari dekorasi interior, potongan kecil, biasanya sekitar kubik. Potongan-potongan kecil tersebut terbuat dari batu atau kaca warna yang berbeda, yang dikenal sebagai tesserae, digunakan untuk membuat pola atau gambar. Pada awalnya perkembangan mosaic sudah mulai ada sejak ke-3 SM.

Dari sekian, salah satu contoh dari seni mosaik yang dapat dilihat yaitu mosaik Bizantium, dapat ditemukan di Gunung Nebo, tempat ziarah penting dalam era Bizantium di mana Nabi Musa wafat. Di antara mosaik abad ke-6 banyak di jumpai di komplek-komplek gereja (yang ditemukan setelah 1933). Yang paling menarik adalah terletak di baptistery. Lantai mosaik utuh meliputi area seluas 9 x 3 m dan ditetapkan dalam 530. Ia menggambarkan adegan berburu dan pastoral dengan kaya Timur Tengah flora dan fauna.

Bagian yang paling penting dari seni mosaik Bizantium di belahan Timur adalah Peta Madaba, dibuat antara 542 dan 570 sebagai lantai gereja Saint George di Madaba, Yordania. Saat itu ditemukan kembali pada tahun 1894. Peta Madaba adalah penggambaran kartografi tertua dari Tanah Suci. Menggambarkan area dari Libanon di utara ke Delta Nil di selatan, dan dari Laut Mediterania di barat sampai ke Gurun Timur. Unsur terbesar dan paling rinci dari penggambaran topografi adalah Yerusalem, di tengah peta. Peta diperkaya dengan fitur naturalistik banyak, seperti binatang, perahu nelayan, jembatan dan pohon kelapa.

Dan masih banyak tempat-tempat peninggalan sejarah dari mosaic ini, kamu dapat jumpai terutama di negara-negara timur tengah yang erat hubungannya pada waktu itu dengan Kerajaan Romawi.

Terlihat zaman dahulu unsur seni sudah tinggi, suatu gambar dapat saja dilukis dengan lukisan tangan dengan cepat, tapi dengan mosaic menyusun batu-batu kecil yang beraneka ragam warnanya dapat menjadi sebuah lukisan yang indah walau pembuatannya jauh lebih lama daripada dengan lukisan tangan.

8 Responses to Peninggalan Sejarah Mosaic Dari Abad Masa Silam

  1. admin says:

    kalo di Indo peninggalan sejarahnya Candi(?)

  2. wah, mantep sekali yahh.. di indo ada ga yang kaya gini??

  3. Tika Ku says:

    orang zaman dulu telaten2 ya…. keren….. keren…..

  4. tHom4ss says:

    iyah gua jg merasa nambah ilmu baca artikel2 disini… terus perbanyak artikel2 menariknya yaa mas……

  5. Wah……keren sekali dan sangat informatif bagi mereka-mereka yang mengetahui akan hal ini.

  6. mereka bisa menjaga dan melestarikannya
    keren dach
    banyak yang saya pelajari disini
    makasih gan

  7. Anya says:

    Sy baca artikel dari sini serasa seperti berada disana secara langsung dan foto-fotonya seperti hasil jepretan fotografer profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *