Taiwan: Wisata Jalan-Jalan Ke Kota Taipei

Di Taiwan terdapat 9 kota besar yaitu Taipei, Hsinchu, Hualien, Jiufen, Kaohsiung, Keelung, Puli, Taichung dan Tainan. Dari kesembilan kota ini, yang paling besar dan paling banyak penduduknya adalah Taipei. Kota Taipei adalah ibukota sementara Republik Cina. Banyak perusahaan industri dan jasa termasuk peralatan listrik dan elektronik, tekstil, logam, pembuatan kapal, dan motor yang menempatkan kantor pusatnya di kota ini. Kota Taipei adalah munisipaliti khusus yang diatur secara langsung oleh pemerintah pusat. Dia tidak termasuk tetapi dikelilingi seluruhnya oleh Kabupaten Taipei, yang diatur sebagai bagian dari Provinsi Taiwan.

  

Kota Taipei terletak di dataran rendah Taipei, dikelilingi oleh pegunungan terutama di bagian utara, timur dan tenggara. Titik tertinggi di dalam wilayah Kota Taipei adalah puncak Gunung Qixing (1120 meter). Sungai-sungai di kota ini seluruhnya termasuk ke dalam DAS Tamsui yang bermuara ke Selat Taiwan dan Laut China Timur. Taipei beriklim sub-tropis dengan suhu rata-rata 20 derajat Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu terendah di musim dingin dapat mencapai 6 derajat Celsius sedangkan di musim panas dapat mencapai 34 derajat Celsius.

  

Kantor walikota Taipei berada di Distrik Xinyi yang merupakan distrik yang berkembang pesat dekade terakhir menjadi pusat komersial, pusat industri teknologi tinggi dan pemerintahan. Walikota Taipei merupakan jabatan yang sangat populer dan dianggap merupakan tiket untuk karier politik yang mulus di masa depan. Ini ditandai dengan penjabat walikota Taipei sering meraih popularitas tak kalah jauh dari jabatan di tingkat pusat. Dewan Kota Taipei adalah badan legislatif daerah yang menjadi wakil rakyat untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Dewan Kota Taipei beranggotakan 49 orang dari 12 distrik yang dibagi menjadi 6 daerah pemilihan dan 1 daerah pemilihan maya untuk penduduk aborigin.

  

Pada umumnya, sistem transportasi di Kota Taipei tertata dengan baik dengan perencanaan yang teratur. Transportasi darat Kereta api, Stasiun KA Taipei adalah stasiun kereta api terbesar di Taiwan. Taipei juga merupakan tempat pertumbuhan sistem kereta api yang pertama di Taiwan. Stasiun KA Taipei selain menjadi stasiun kereta api juga mempunyai fungsi sebagai stasiun kereta transit cepat massal (MRT) dan juga kereta api super cepat yang telah mulai beroperasi sejak awal tahun 2007. Transit cepat massal (TCM) Taipei adalah kereta rel ringan yang menghubungkan stasiun-stasiun di dalam kota. Tidak seperti sistem TCM di kota-kota lainnya di dunia yang berada di bawah tanah, TCM Taipei memiliki rel di bawah tanah, di permukaan tanah dan rel layang. Sistem TCM Taipei memiliki stasiun utama di stasiun kereta api Taipei. Saat ini memiliki 5 jalur rute yang menghubungkan Taipei dengan kota-kota di sekitarnya terutama yang terletak di Kabupaten Taipei.

  

Bus-bus di Kota Taipei melayani rute dalam kota, antar kota via jalan provinsi dan antar kota via jalan negara. Sistem bus dalam kota dihubungkan dengan sistem TCM dengan perencanaan teratur seperti pembayaran yang dapat dilakukan dengan kartu pra-bayar TCM atau diskon biaya bus bila melakukan transit dari stasiun TCM. Bus-bus antar kota biasanya dilayani oleh perusahaan swasta yang dipusatkan di Stasiun Bus Pusat Kota Taipei.

  

Transportasi udara, Kota Taipei dapat diakses melalui 2 bandara Bandara Internasional Taoyuan (sebelum bulan September 2006 dikenal sebagai Bandara Internasional Chiang Kai-shek), di Kabupaten Taoyuan. Bandara Domestik Sungshan, di Distrik Songshan, Kota Taipei. Lalu Taipei memiliki pelabuhan laut di Keelung. Namun pelabuhan ini mayoritas melayani peti kemas. Transportasi sungai muncul hanya sebagai atraksi wisata menyusuri Sungai Tamsui.

  

Tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi: Taipei 101 merupakan pusat finansial baru di Taipei, Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Balai Peringatan Sun Yat-sen, Museum Istana Nasional, Kuil Longshan, Pasar Malam Shilin.

Selamat menjelajah Taipei dengan penuh pengalaman-pengalaman baru.
(Sebagian tulisan bersumber dari: wikipedia.org).

13 Responses to Taiwan: Wisata Jalan-Jalan Ke Kota Taipei

  1. gerry says:

    saya mau tannya,musim dingin di asia selain di taiwan dimana lagi yang ada…??? satu lagi no tlp yang kode kota memakai +8869 itu ada di taiwan…??? makasih

  2. eka lestari says:

    saya mau tanya ,, kl ke 101 ; lalu ke psr malam silin naik bis apa ya kl dari stasiun taipei sebelumnya terima kasih ,,,,,,,,

  3. muszan says:

    Mau tanya .ku d neihu .mau ke taipe kalo naik bis yg nomor berapa za…sebelum nya terima kasih…mohon d kekasih za

  4. isfe says:

    Tanya: dari bandara Taipei ke stasiun kereta menuju HsinChu berapa jauh dan pake trasnportasi apa ya???

  5. may says:

    tanya dunk …. tempat penginapan di taipei yang bersih, harga ekonomis dekat shih lin market dmana yah? many thx before.

  6. dian says:

    Taiwan… i will come….

  7. prajwalita says:

    wow…..it’sbeautiful…..i want go there.i want more information.thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>