China: Pedagang Ukiran Kalung Giok

Bila kita berpergian ke negara China, terkadang kita dapat jumpai berbagai pedagang kaki lima, namun ada yang cukup menarik untuk di ulas, yaitu ada pedagang kaki lima yang menjual kalung dari batu giok (tentunya bukan giok asli, karena harga jualnya juga murah) yang diukir dengan tulisan dan gambar tangan. Ukiran dapat berupa nama, tanggal lahir, shio atau gambar.

  

Si pedagang juga harus memiliki keahlian mengukir batu giok dari kuas dan cat air. Terlihat dari hasil ukirannya, tarikan garis sangat berseni, begitu juga gambar-gambar yang diukir sangat rapih. Cat airnya tersedia berbagai warna-warni, sehingga hiasan yang dikreasikan dapat terlihat indah. Setelah si pedagang mengukir langsung di bilas dengan semacam cairan pernis agar ukiran tersebut tidak mudah terhapus, ditunggu beberapa saat maka cat-cat terebut berikut pernisnya akan mengering, kemudian diberi benang untuk dapat dikalungkan di leher.

  

Bila kamu pergi ke China jangan lupa, ukiran kalung ini bisa kamu jadikan barang oleh-oleh untuk teman-temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>