Huangshan, Gunung Kayangan Di China

Huangshan adalah pegunungan di provinsi Anhui selatan di Cina timur. Daerah ini terkenal dengan pemandangan-nya, keindahan matahari terbenam, puncak granit berbentuk unik, pohon-pohon Pine Huangshan, dan pemandangan awan dari atas (ya kita berada diatas awan). Huangshan adalah salah satu tujuan utama turis Cina. Huangshan dibentuk sekitar 100 juta tahun yang lalu dan memperoleh formasi batuan unik di glaciation Kuarter. Bila kita berpergian pada musim dingin, maka pada saat berada diatas gunung, kita dapat merasakan salju disana. Hungshan adalah benar-benar seperti kayangan dalam bentuk nyata! Separuh perjalanan kita dapat menaiki mobil kabel (cable car), yang kemudian kita melanjutkan perjalanan kebagian puncak dengan berjalan kaki menanjak.

  

  

Selama Dinasti Qin, Huangshan dikenal sebagai Yishan Pada tahun 747 Masehi, namanya diubah menjadi Huangshan dengan dekrit kaisar, nama ini umumnya dianggap telah diciptakan untuk menghormati kaisar Huang Di Cina legendaris dan merupakan nenek moyang mitologis orang Cina Han, satu legenda menyatakan bahwa Huangshan adalah lokasi dari mana Kaisar Huang Di naik ke surga. Legenda menyatakan  juga mengenai pil keabadian di pegunungan ini.

  

  

Huangshan dikenal untuk susunan dan tumpukan batunya, diukir di sisi gunung, yang mungkin ada lebih dari 60.000 di seluruh daerah. Pengukiran tidak diketahui kapan dimulainya, tetapi mereka telah mengatakan kurang lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Pada tahun 1982, Huangshan dinyatakan sebagai “situs keindahan bunga indah dan bersejarah” oleh Dewan Negara Republik Rakyat Cina. Ia diangkat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1990 untuk pemandangan dan karena perannya sebagai habitat bagi spesies langka yang terancam.

  

  

Memiliki sekurang-kurangnya 140 tempat untuk berkunjung, Huangshan adalah tujuan wisata utama di Cina, pada tahun 2007, misalnya, lebih dari 15 juta turis mengunjungi gunung. Seluruh tempat terdapat hotel dan rumah-rumah tamu yang menampung pengunjung dalam semalam, banyak dari mereka mendaki gunung, menghabiskan malam di salah satu puncak untuk melihat matahari terbit, dan kemudian turun dengan rute yang berbeda pada hari berikutnya.

Pemandangan di pegunungan Huangshan ini akan mengingatkan kamu akan film “Forbidden Kingdom” yang dibintangi oleh Jackie Chan dan Jet Li. Sungguh seperti berada di kayangan. Bila kamu melakukan perjalan tur ke China, maka tempat ini jangan kamu lewatkan, dan jangan lupa membawa pakaian lapis tebal bila berkunjung pada musim dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>