Takjubnya Keindahan Bangunan Kuno Kuil & Pagoda Di Bagan Myanmar

Nama kota Bagan (sebelumnya dinamakan Pagan) adalah suatu kota kuno (kota tua) yang terletak di region Mandalay di Myanmar / Burma. Sejak abad 9 hingga abad 13 kota ini adalah ibukota Kerajaan Pagan, kerajaan pertama yang menyatukan daerah-daerah yang nantinya akan menjadi Myanmar Moderen. Selama abad tersebut terdapat lebih dari 10.000 kuil dan pagoda Budha serta biara yang dibangun, yang mana sisa-sisa kurang lebih 2.200 kuil dan pagoda tersebut masih bertahan hingga hari ini.

bagan1

bagan2

bagan3

Bagi kamu yang gemar mengunjungi tempat wisata bernuansa candi, selain ke Borobudur Prambanan di pulau Jawa Tengah dan Kamboja Angkor Wat, kamu bisa mengunjungi negara Myanmar di kota Bagan (tepatnya di bagian kota tua Bagan). Namun di Bagan lebih kepada bentuk kuil, pagoda dan stupa, tidak ada candi yang sangat besar seperti Borobudur atau Angkor Wat. Bila kamu menaiki bagian atas salah satu pagoda di Bagan, kamu akan dapat melihat ribuan pagoda yang bertebar disepanjang tanah luas di kota ini.

bagan4

bagan5

bagan6

Disini kamu bisa menaiki Balon Udara untuk dapat melihat kota Bagan dari atas, namun sayangnya harga untuk dapat naik Balon Udara per orangnya cukup mahal dibanding di negara-negara lain seperti Turki, harga untuk dapat naik Balon Udara di Bagan adalah $500 per kepala, bila dibanding di Turki hanya $200 per kepala. Tapi tentu bila kamu menyanggupinya kamu akan dapat melihat keindahan alam Bagan yang begitu eksotik, mulai dari jejeran kuil dan pagoda dari ujung ke ujung, lapisan kabut dan sinar pagi hari yang membuat benar-benar pemandangan yang sangat indah.

bagan7

bagan8

bagan11

Dari setiap kuil/pagoda terdapa stupa dimana didalamnya hampir semua memiliki patung Budha. Dan dibeberapa kuil besar ada yang memiliki patung Budha sedang tidur (yang dikenal sebagai sleeping budha). Bentuk patung Budha tersebut tidaklah dalam ukuran kecil, hampir rata-rata berukuran sangat besar sehingga kita harus mendongakkan kepala keatas untuk melihat seluruh bentuk patung Budha-nya tersebut. Yang tak kalah penting adalah dalam hal fotografi, kamu dapat mengambil gambar dengan settingan-settingan tertentu misal diberi lilin-lilin sehingga disaat kamu men-jepret kamera hasilnya benar-benar dramatisi sekali.

bagan9

bagan10

Di Bagan kita bisa menyewa kendaraan transportasi mulai dari mobil atau sepeda elektrik. Banyak dijumpai bule-bule disana mengendarai sepeda elektrik, bila kamu tidak bersama rombongan ada baiknya menyewa sepeda elektrik lebih baik karena kamu leluasa untuk bisa berpergian kearah mana dan tujuan tanpa harus berbondong-bondong membawa rombongan yang merepotkan. Tapi lain ceritanya bila kamu sebagai profesi fotografer, tentunya peralatan yang dibawa cukup banyak sehingga tidak memungkinkan untuk mengendarai sepeda sambil membawa berbagai peralata fotografi, harus menggunakan sewa kendaran mobil.

bagan13

bagan12

Yang tak kalah menarik di Bagan adalah kulinernya, makanannya sangat cocok sekali dengan lidah indonesia! 🙂

10 Responses to Takjubnya Keindahan Bangunan Kuno Kuil & Pagoda Di Bagan Myanmar

  1. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

  2. Sakit Gigi says:

    lumayan indah sih ,,,

  3. SANGAT INDAH DAN MENAJUBKAN..majukan trs dunia wisata

  4. sangat indah..majukan trus dunia wisata khususnya indonesia

  5. Keren bangunannya… Amazing, jadi pengen kesana… thanks atas infonya

  6. nice sharing.. its very wonderful..
    love it..

    thank you..

  7. Ngomong-ngomong balon saya lihat ada balon udara di fotonya, itu waktu event apa ya ?? dan diakan bulan apa dalam acara apa ??

  8. Narin says:

    wow ternyata myanmar bagus tuk dikunjungin….. banyak bgt candinya!!

  9. rino says:

    hotelnya bagus kah disana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *