Gereja Tua Saint Mary Katedral di Yangon Myanmar

Maynmar adalah negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Budha, tapi di kota Yangon kita dapat melihat peninggalan gereka katolik yang sangat tua. Saint Mary Katedral adalah sebuah gereja katolik tua yang terletak di Bo Aung Kyaw di Botahtaung Township kota Yangon Myanmar (Burma). Gereja katedral ini adalah yang terbesar di Myanmar.

saint1

Yangon adalah ibukota Myanmar (Burma). Di berbagai kota-kota Myanmar tidak sedikit kita banyak melihat bangunan pagoda, vihara atau candi-candi budha. Negara Myanmar adalah negara bekas jajahan Inggris, jadi tak heran juga bila kita disana melihat beberapa tempat bangunan peninggalan khas bangsa eropa, diantaranya adalah gereja Saint Mary Katedral ini.

saint2

saint3

Bangunan gereja Saint Mary Katedral dibangun melalui konstruksi yang dimulai pada tahun 1895 dan rampung pada 19 November 1899, butuh kurang lebih 4 tahun untuk membangunnya. Pada tahun 1930 Yangin mengalami gempa, sehingga bangunan St. Mary ini mengalami kerusakan kecil dan bertahan hingga invasi Jepang selama Perang Dunia II. Jendela kaca patri katedral rusak selama invasi Sekutu di Yangon.

saint4

saint5

Bila kamu senang fotografi interior, maka bangunan ini bisa kamu jadi acuan untuk didatangi, bawa tripod dan kamera berlensa lebar, kamu akan mendapatkan hasil jepretan interior gereja tua yang sangat menawan. Masuk ke area ini tidak ada pungutan bayar, alias gratis. Umumnya tidak terlalu ramai kunjungan banyak orang, jadi kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk melakukan sesuatu disana.

One Response to Gereja Tua Saint Mary Katedral di Yangon Myanmar

  1. Narin says:

    gerejanya bisa dipake ibadah utk umum gak ??
    apa cuma jadi kyk museum doang ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *