Makan Embrio Telur Bebek (Balut) Di Vietnam

Makan telur ayam atau bebek adalah hal biasa, tapi kalau makan telur bebek yang isinya sudah setengah jadi (embrio) ini merupakan hal yang luar biasa bagi sebagian kalangan. Kenapa dikatakan hanya sebagian kalangan? ya sebab untuk kalangan tertentu mereka menganggap makan telor embrio bebek adalah sesuatu yang wajar dan menjadi kebiasan. Salah satu negara yang penduduknya wajar makan telor embrio bebek adalah Vietnam. Hampir mayoritas penduduk Vietnam pernah dan gemar makan telor embrio bebek.

telorbebek1

telorbebek2

Penulis berkesempatan singgah di Vietnam tepatnya di kota Ho Chi Min (Saigon) merupakan ibu kota. Disana terdapat pasar malam yang disebut Ben Thanh. Di pasar malam ini banyak sekali pedagang yang berjualan mulai dari berdagang pakaian, hiasan, aksesoris, jajanan dan berbagai jenis makanan dan minuman. Disalah satu sudut jalan kecil terdapat rumah makan pinggiran, beberapa tempat dari mereka menjual telur embrio bebek yang menjadi fenomenal santapan bagi para turis yang datang. Tentunya tidak semua turis menyukainya, hanya beberapa yang sedikit nekat untuk mencobanya.

telorbebek3

telorbebek4

Tanpa ragu penulis mencoba pesan sepasang telur embrio bebek untuk disantap. Menunggu di meja emperan pinggir jalan dengan bangku yang sangat mungil. Tak lama kemudian hidangan pun datang. Mereka menghidangkan sepasang telur emrio bebek, beserta bumbu-bumbunya yang terbuat dari garam dan cabe. Disediakan juga sendok kecil untuk mengorek-ngorek isi telur, yang sebelumnya kita kupas terlebih dahulu kulit telurnya bagian atas secara perlahan.

telorbebek5

telorbebek6

Tibalah untuk menyantapnya, disaat mengupas kulitnya saja rasanya sudah sedikit jijik karena melihat seperti air ketubannya pecah (oh oh..),  kemudian melihat bentuk embrio bebek yang setengah jadi bentuknya. Yang membuat tambah enek adalah embrio tersebut sudah terlihat ada bulu-bulunya (hiks hiks..), sudah kepalang tanggung penulis memberanikan diri untuk mencicipinya, ambil sendok kecil lalu potong sebagian dan masukkan kedalam mulut.. nyammm nyammmmm.. (ow ow..) maap penulis gak bisa menelannya! yang jelas adalah rasanya begitu gurih.

telorbebek7

telorbebek8

Telur embrio bebek ini selain di Vietnam juga terkenal di negara Filipina. Telur embrio bebek ini sering dinamakan juga dengan Balut. Nah apakah kamu berani mencobanya? menurut mereka Balut ini mengandung banyak protein, yuk buktiin sendiri aja ya :)

7 Responses to Makan Embrio Telur Bebek (Balut) Di Vietnam

  1. siPoltak says:

    gak bau amis tuh ??

  2. pelancong SakTI says:

    gila ihhh……

  3. Sumang says:

    mo mutah aq liatnya

  4. Deden says:

    kayak embrio dinosaurus.

  5. Tika Ku says:

    ihhh miminnn makanannya jorookkkkk!!!!!

  6. Rangga Karto says:

    UEEEAKKKKKKKK!!!
    UUUUEEEEEEKKKKKKKKKKK!!!
    UEEKK!! UEKKKK!! UEEKKKK!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>