Gereja Katolik Roma Di Vatikan, Gereja Terbesar Di Dunia

Vatican (Vatikan) merupakan negara yang wilayahnya terdiri dari batasan dinding didalam kota Roma di Italia. Vatikan memiliki luas sekitar 44 hektar (110 hektar), dan populasi lebih dari 800 jiwa. Hal ini membuat Vatikan negara merderka terkecil yang diakui secara internasional di dunia dengan baik wilayah dan jumlah penduduk. Paus merupakan Kepala Negara dan Pemerintah Negara Kota Vatikan.

gerejaroma1

Kota Vatikan didirikan sebagai sebuah negara merdeka pada tahun 1929 oleh Lateran Treaty, ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara Pietro Gasparri, atas nama Paus Pius XI dan oleh Perdana Menteri Benito Mussolini  atas nama Raja Victor Emmanuel III dari Italia.

gerejaroma2

Di Vatikan inilah terdapat Gereja Katolik Roma yang merupakan gereja kristen terbesar di dunia, yang memiliki anggota sebanyak kurang lebih semilyar, sama hal dengan separuh dari total umat kristen diseluruh dunia atau seperenam dari populasi dunia. Bagi kamu yang berkunjung ke negara Italia, maka salah satu tempat wisata yang perlu dikunjungi adalah salah satunya Gereja Katolik Roma yang berada di Vatikan ini. Selain latar belakang kisah kekristenan yang bisa kita lihat juga juga dapa melihat tatanan arsitektur dari kawasan dan bangunan Gereja Katolik Roma tersebut yang begitu sangat megah sekali (terutama interior dalam gedung ini).

gerejaroma3

Sedikit sekilas mengenai latar belakan berdirinya Gereja Katolik Roma ini adalah dari salah satu murid Yesus (Isa Al Masih) yang bernama Petrus (Peter) yang telah berjuang didalam penyebaran Injil. Petrus pada akhirnya mati disalib (untuk tidak menyamakan penyaliban terhadap guru-Nya yaitu Yesus, Petrus meminta untuk disalib dengan posisi terbalik, kepala dibawah dan kaki diatas). Semasa Yesus (Isa Al Masih) masih hidup pernah mengatakan kepada Petrus bahwa Petrus ditasbihkan sebagai pemegang kunci sorga dan banyak umat mengikutinya bagaikan karang batu. Bila kita melihat dikawasan gereja ini terdapat tiang tugu yang amat tinggi, disitulah menurut kisah tempat Petrus disalib terbalik.

gerejaroma4

Didalam Gereja Katolik Roma ini juga terdapat makam Petrus dan juga terdapat patung sosok Petrus yang para umatnya dapat menyentuhnya dan berdoa disana. Bangunan gereja ini memiliki langit yang sangat tinggi sekali, dihiasi dengan ukiran/pahatan serta interior yang sangat megah dan indah. Kamu akan terpada melihat suasana didalam gereja tersebut. Seakan belum pernah kamu melihat keindahan interior dan arsitektur sedemikan rupa disana.

gerejaroma5

gerejaroma6

Kita dapat ditemani oleh pemandu disana, dan kita juga dapat dilengkapi dengan earphone yang terhubung dengan radio, sehingga kita dapat mendengarkan pembicaraan pemandu walau posisi kita berjauhan dengan si pemandu. Alat  ini juga dapat memandu bila kita tertinggal rombongan didalam bangunan tersebut. Sebelum masuk kedalam gereja ini terlebih dahulu kita harus melalui alat sensor dan setiap tas akan discan (sama seperti kita masuk ke bandara). Setelah dinyatakan aman, maka kita baru dapat masuk kedalam gereja ini.

gerejaroma7

gerejaroma8

Galeri Foto:

8 Responses to Gereja Katolik Roma Di Vatikan, Gereja Terbesar Di Dunia

  1. puji says:

    wow……………kren dah

  2. puji says:

    Ea TUHAN ntar lgi tgl 9 Desember 2013,aq akan ujian semester ganjil kra nha Engkau bntu hmba mu ini agar aq dpat nlai yg sngat bgus shingga aq dpat juara dan mmbanggakan kedua orangtua qu.AMIN.

  3. mery jane boru simbolon says:

    Aku pasti mengunjungi kota imi tahun 2016 nanti bersama ibuku

  4. zahrotul mufida says:

    wow, ajaib, begitu besar kasih Allah akan dunia ini, begitu indah yg Tuhan ciptakan,,,
    semoga Tuhan mengijinkan sy untuk dapat pergi kesana…..
    GBU

  5. Deden says:

    jauhhh…. mahallllll….
    ngapain kesana cuma liat patung patung doaanggg….
    peace….

  6. Tika Ku says:

    wow!! harus kesini neh…. wajib wajib ahh……

  7. pelancong SakTI says:

    wow fantastis banget bisa liat kesana langsung ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>