Terowongan Peninggalan Perang Viet Kong Di Cu Chi tunnels Vietnam

Bila kita berpergian ke Vietnam dan berada di kota Ho Chi Minh (Saigon), kamu bisa berkunjung ke Cu Chi Tunnels, tempat peninggalan perang gerilyawan Viet Kong dengan tentara sekutu Amerika. Sebagian tempat bekas perang tersebut dijadikan tempat wisata. Banyak wisatawan-wisatawan dari manca negara termasuk dari negara-negara Eropa yang berkunjung ke Cu Chi Tunnels ini. Setiap wisatawan yang akan masuk terlebih dahulu harus membeli tiket di loket.

Di area ini kita dapat melihat salah satunya terowongan Cu Chi yang merupakan terowongan bawah tanah dengan jaringan besar yang menghubungkan Distrik Cu Chi Ho Chi Minh City (Saigon), Vietnam, dan merupakan jaringan terowongan bawah tanah terbesar dari yang ada di beberapa negara. Terowongan ini dulunya adalah lokasi kampanye militer selama Perang Vietnam, dan basisnya operasi Viet Cong untuk penyerangan kepada tentara sekutu Amerika pada tahun 1968.

Terowongan-terowongan ini juga digunakan oleh gerilyawan Viet Cong untuk tempat bersembunyi selama pertempuran, serta berfungsi sebagai jalur komunikasi dan pasokan, rumah sakit, makanan dan gudang senjata serta tempat tinggal bagi para pejuang gerilya. Sistem terowongan ini sangat penting peranannya bagi Viet Kong karena menjadikan keberhasilan strategi militer mereka.

Tentara sekutu Amerika tidak dapat mudah masuk kedalam terowongan ini, karena terowongan-terowongan tersebut dulunya penuh dengan semut, lipan beracun, kalajengking, laba-laba dan kutu dan juga gas beracun, tentunya para gerilya sudah dibekali masker anti gas beracun agar mudah masuk dan sulit untuk diikuti. Kedalaman terowongan-terowongan tersebut dapat terdiri menjadi 3 tingkat yang kesemunya bisa mencapai kedalaman 12 meter. Untuk tingkat kedalaman yang paling dalam manusia hanya bisa dapat berada didalam selama 15 menit hingga 30 menit saja karena asupan oksigen yang tidak memadai, nampun untuk di tingkatan pertama dan kedua para gerilyawan dapat bertahan lama didalam bahkan hingga berhari-hari.

Didalam terowongan pun para gerilyawan Viet Kong dapat melakukan memasak, yang asapnya disiapkan saluran khusus yang di penghujungnya berupa gundukkan tanah yang berlubang-lubang untuk mengeluarkan asap. Jalur terowongan tersebut memiliki haluan ke sungai, sehingga cukup mudah juga untuk mendapatkan asupan air. Terkadang, selama periode pemboman berat dari gerakan pasukan Amerika, para gerilyawan Viet Kong terpaksa untuk tetap di bawah tanah selama berhari-hari. Penyakit merajalela khususnya malaria, yang merupakan penyebab kedua terbesar kematian di samping luka pertempuran.

Bagi kamu-kamu yang berkesempatan untuk datang ke Cu Chi tunnels, kamu bisa ber-foto dengan patung-patung yang diseragami tentara dan juga ada tank yang sudah lama disana sangat bagus untuk dijadikan latar belakang foto kamu.

Baca artikel lainnya mengenai Cu Chi tunnels:
Mencoba Menembak Dengan Senjata Api Sungguhan Di Cu Chi tunnels Vietnam
Hidangan Singkong Rebus Di Cu Chi tunnels Vietnam
Melihat Berbagai Jenis Ranjau Di Cu Chi tunnels Vietnam

6 Responses to Terowongan Peninggalan Perang Viet Kong Di Cu Chi tunnels Vietnam

  1. Deden says:

    liat lobang sempit ada paha wanita disitu bikin sensasional aja neh bung admin wkwkwkwk

  2. Tika Ku says:

    hebat juga ya tentara vietcong salut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>