Raja Ampat, Surgawi Pemandangan Bawah Laut

Sebagai negara Indonesia tentunya cukup bangga juga memiliki tempat wisata yang baru-baru ini mulai dikenal, yaitu Raja Ampat. Raja Ampat adalah tempat surgawi-nya bagi para pecinta penyelam di bawah laut. Tak hanya keindahan bawah laut saja yang bisa kita nikmati, namun pemandangan pantai dan kepulauannya juga menarik untuk di lihat dan dikunjungi. Menurut penulis bagi siapa saja yang mengunjungi Raja Ampat akan terkesima dengan keindahan alamnya, namun hanya saja satu hal yang perlu dilakukan yaitu harus melakukan perjalanan yang cukup jauh dan cukup banyak melakukan transit, tentu saja perjalanan seperti itu dapat membuat kita lelah dan lama di diperjalanan.

Mulai dari keberangkatan menuju ke Raja Ampat, pertama kita dapat memesan tiket pesawat tujuan Sorong yang terletak di Papua Barat Indonesia, banyak pilihan armada pesawat lokal yang terbang kesana. Rute perjalanan pesawat beragam, ada yang singgah terlebih dahulu di Surabaya, Makasa Ujung Pandang atau Ambon. Namun tujuan akhirnya adalah ke kota Sorong tersebut. Didalam melakukan transit pesawat ada maskapai yang menggunakan satu jenis pesawat saja mulai dari keberangkatan hingga sampai ke Sorong, namun ada juga maskapai yang menggunakan berbagai tipe jenis pesawat (ganti pesawat disaat transit), saran penulis adalah cari maskapai yang menggunakan satu pesawat saja mulai dari berangkat hingga sampai tujuan, agar kita tidak lelah, dan juga biasanya menuju Sorong pesawat yang digunakan ada yang menggunakan jet maupun baling-baling, sesuaikan dengan kenyamanan kita.

Sesampai di Sorong, saatnya menyeberang ke pulau yang namanya Raja Ampat menggunakan transportasi angkutan laut, dan hanya menyediakan 1 kali keberangkatan setiap harinya, yaitu pukul 2 siang. Bila pesawat kamu tiba di Sorong pagi hari maka kamu harus menunggunya, kebanyak para wisatawan singgah dahulu di hotel-hotel terdekat sambil menunggu waktu. Dikarenakan pelabuhan Sorong hanya melakukan perjalanan 1 kali menuju Raja Ampat, maka penumpangnya pun begitu banyak, bercampur antara wisatawan-wisatawan dengan masyarakat lokal disana. Tersedia 2 kelas didalam kapal transportasi Marina, kelas biasa berada dibagian bawah kapal, sedangkan kelas VIP berada dibagian atas kapal, namun keduanya disediakan AC. Pengalaman penulis sewaktu berangkat AC tidak menyala atau penumpang sangat penuh sehingga terasa hangat. Perjalan dari pelabuhan Sorong menuju pelabuhan Waisai Raja Ampat adalah sekitar 2 hingga 2,5 jam.

Tibalah di pelabuhan Waisai Raja Ampat. Waisai adalah ibukota kabupaten Raja Ampat. Mulai dari Waisai inilah kita dapat menjelajah isi dari keindahan Raja Ampat. Dari pelabuhan Waisai menuju penginapan (cottage) sekitar 30 menit, ada yang menggunakan kapan boat atau kendaraan mobil, tergantung penginapan kita berada dimana. Jadi cukup melelahkan perjalan mulai dari keberangkatan Jakarta menuju Raja Ampat bisa menghabiskan waktu 21 jam-an. Sesampai di penginapan sudah sore hari, hal yang dapat dilakukan adalah beristirahat sembari menikmati pemandangan senja dikepulauan Raja Ampat.

Raja Ampat memiliki empat pulau besar yaitu pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Masing-masing pulau memiliki tempat penginapan. Umumnya yang banyak digunakan adalah di pulau Waigeo dan Misool. Harga penginapan cottage beragam ada yang menyajikan dengan harga mata uang Euro dan juga Rupiah, namun lebih banyak menggunakan dengan Euro, karena memang cottage-cottage disana dimilik oleh warga negara asing.

Kenapa Raja Ampat menjadi tempat menarik bagi para pecinta selam? Raja Ampat merupakan tempat yang masih mengimpan banyak jenis karang dan jenis ikan. Di dunia terdapat 537 jenis karang, 75% nya berada disini. Dan diperairan Raja Ampat inilah juga ditemukannya 1.104 jenis ikan, 537 hewan karang dan 670 jenis moluska. Betapa megahnya bukan kekayaan alam Raja Ampat (Indonesia)?

Bila kamu berada di Raja Ampat, tidak usah jauh-jauh ditengah laut, cukup berada di depan cottage, kamu lakukan snorkeling maka kamu udah bisa melihat dari atas laut ragamnya karang dan ikan-ikan yang menarik. Terlebih bila kamu dapat melakukan menyelam mulai dari kedalaman 4 meter hingga 7 meter saja kamu sudah bisa menemukan kura-kura. Bagaimana dengan ikan Nemo? kamu cukup menyelam 2 meter saja dari permukaan laut kamu sudah bisa melihat ikan-ikan nemo, ikan-ikan tersebut tidak mudah lari, bahkan bila pergerakan kamu tidak mengagetkan kita dapat menyentuh ikan-ikan tersebut.

Dan bila kamu lebih memberanikan diri lagi menyelam hingga kedalaman diatas 10 meter kamu akan lebih banyak lagi melihat keindahan bawah laut, begitu banyak ragam terumbu karang dengan bentuk dan corak yang membuat mata tidak akan lelah untuk melihatnya. Penulis tanpa sadar melakukan penyelaman hingga di kedalaman 16 meter, secara kaget penulis melihat ikan yang sangat besar yaitu ikan pari Manta! yang ukuran kurang lebih sebesar perahu boat, ikan Manta tersebut seakan melakukan atraksi melayang dan berputar-putar di area itu. Benar-benar keindahan di bawah laut membuat kamu lupa diri, dan ingin berlama-lama di dalam laut. Aneka hewan laut yang belum pernah kamu lihat, akan mudah kamu temukan disana.

Didaerah kepulauan laut dan pantai seperti ini sudah tentu makanan-makanan ala sea-food juga mudah didapat, penulis diajak kesuatu pulau disana ada nelayan yang menjual udang lobster, bisa dibeli dan dibawa ke cottage lalu dimasak. Seharian  lelah dengan menyelam, malam harinya menyantap lobster dengan lahap. Sensasi yang luar biasa didapat dari berwisata ke Raja Ampat.

Untuk kembali ke Jakarta, rute perjalanan yang cukup lama tersebut harus ditempuh kambali, namun dari pelabuhan Waisai Raja  Ampat, terdapat 2 kali keberangkatan menuju pelabuhan Sorong, yaitu keberangkatan pertama pukul 10 pagi dan keberangkatan kedua pukul 2 siang. Transportasi laut Marina yang digunakan juga tersedia 2 kelas (biasa dan VIP). Perjalanan yang cukup lama ini mudah-mudahan kedepannya sudah tidak perlu lagi, karena kabupaten Raja Ampat telah membangun bandara sendiri, kita tunggu saja bila bandara di Raja Ampat sudah jadi, kemungkinan wisatawan-wisatawan akan lebih banyak lagi berkunjung. Dan kamu-kamu yang belum pernah ke Raja Ampat bisa segera kesana untuk melihat keindahan laut yang indah luar biasa!

Galeri Foto:

5 Responses to Raja Ampat, Surgawi Pemandangan Bawah Laut

  1. surpree indonesia says:

    Indah sekali pemandangan nya. sangat pantas untuk menghibur diri.

  2. Benny Anthony says:

    yes,,, i like it wayag & misool raja ampat…..

  3. Cahya says:

    kaya liat di aquarium

  4. Deden says:

    Indonesia yang kaya sama alamnya ckckckck

  5. juminten says:

    lautnya jernih nan biru gitu yah
    asik banget buat berenang
    pengen ke sana jg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>