Gunung Bromo, Tempat Popular Wisata Pegunungan Di Indonesia

Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menawan dengan pemandangan-pemandangan yang aduhai. Salah satunya adalah tempat-tempat wisata pegunungan. Di Jawa Timur terdapat sebuah gunung yang begitu besar dan popular, yaitu Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah merupakan gunung berapi yang masih aktif. Nama gunung Bromo diambil dari bahasa Sanskerta “Brahma“ yaitu sosok Dewa Utama dari kepercayaan Hindu).

Menurut kepercayaan suku Tengger yang berada di Gunung Bromo ini dipercaya sebagai gunung yang suci. Hampir rutin setiap setahun sekali selalu mengadakan upacara-upacara Yadnya Kasada (Kasodo). Dimana upacara ini diadakan pada larut malam disebuah pura yang berada di kaki gunung Bromo bagian utara lalu berlanjut ke puncak.

Bila kita ingin berwisata ke Gunung Bromo ini, caranya adalah kita hinggap di desa yang terdekat yang berada diarea pegunungan dari Cemoro Lawang. Disini banyak tempat penginapan-penginapan. Dari kawasan ini kita dapat berjalan ke puncak Gunung Bromo dengan waktu kurang lebih 45 menit, namun yang lelah untuk bejalan juga dapat menyewa kendaraan jeep.

Waktu yang tepat dan indah untuk melihat Gunung Bromo adalah pada saat matahari terbit. Kita dapat melihat jilatan sinar matahari yang melintasi lekukan gunung Bromo. Jangan lupa untuk bawa pakaian dingin (baju rangkap atau jaket tebal), karena hawa di puncak Gunung Bromo sangatlah dingin. Untuk mencapai puncak atas, kendaraan jeep sudah tidak dapat lanjut, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki maupun mengguna kuda. Jadi jangan kuatir bagi kamu-kamu yang ingin berwisata ke gunung Bromo, banyak tersedia kendaraan trasportasi ada jeep maupun kuda, membuat wisata tidak melelahkan.

Galeri Foto:

Yuk, bagi kamu yang belum ke gunung Bromo, bisa atur jadwal untuk pergi kesana.

4 Responses to Gunung Bromo, Tempat Popular Wisata Pegunungan Di Indonesia

  1. Gila pernah sekali kesini. Butuh usaha extra banget, dinginnya parah banget. kesini sediain jaket sebanyak-banyaknya deh, daripda nanggis nantinya hehehe

  2. dolie says:

    lagi cerah ya cuaca di gunung bromo ? kgk ada kabut

  3. uCak says:

    cantiknya ni gunung
    awak dari sumatra mo ke jawa jauh kali

  4. Deden says:

    gw dah pernah ke bromo
    foto2xnya keren bung admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>