Prosedur & Syarat Pengajuan Visa Amerika (U.S.A)

Prosedur & Syarat Pengajuan Visa U.S.A (Amerika):

  • Paspor dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal meninggalkan Amerika dan kalau ada paspor lamanya di lampirkan juga paspor lamanya
  • Pas photo terbaru ukuran 5×5 = 1 lembar, berwarna latar belakang putih.
  • Surat sponsor
  • Foto copy KK (Kartu Keluarga)
  • Bukti keuangan 3 bulan terakhir berupa rekening Koran atau tabungan yang di photo copy dari halaman depan yang ada namanya sampai halaman terakhir transaksi
  • Kalau istrinya ikut lampirkan Akte kawin di foto copy
  • Kalau anaknya ikut ( masih usia sekolah ) lampirkan Akte lahir + kartu pelajar foto copy
  • Formulir harus diisi dan ditanda tangani ( pengambilan formulir harus lampirkan paspor asli ) waktu pengambilan jam 13 s/d 14 siang. Untuk pria formulirnya ada 2 lembar DS 156&157
  • Pesertanya harus datang menghadap

Gambar visa:

Untuk informasi yang lebih akurat, silakan hubungi kedutaannya di:

Embassy of the United States of America
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 5
Jakarta Pusat 10110
Tel (62-21) 3435-9000, 344-2211
Fax (62-21) 386-2259
Email jakconsul@state.gov (consular section)
Website http://www.usembassyjakarta.org
U.S. Commercial Center in Indonesia

http://www.buyusa.gov/indonesia/en/

65 Responses to Prosedur & Syarat Pengajuan Visa Amerika (U.S.A)

  1. Bubu says:

    Hai, mau tanya. Saya perempuan (usia produktif), bekerja sebagai lawyer sudah 2,5 tahun. Saya ingin mengunjungi pacar saya yang sedang kuliah disana. Apakah baiknya saya sebut di aplikasi dan wawancara bahwa sy kesana untuk mengunjungi dia atau baiknya bilang solo traveller saja? Saya sudah ada tiket pesawat dan sudah booking (pay later+free cancellation) hotel.

    • admin says:

      kalau kami sarankan pergi sebagai traveller saja, lebih tidak banyak mengundang pertanyaan macem2x disaat wawancara nanti..

  2. Roy says:

    Admin,mau nanya sy dl prng apply visa b1/b2 trs uda approved td sy ada halangan jd tdk jd berangkat trs visa suda expired skrg,kl mau ajuin visa lg bisa ga ya?kl bisa perlu nunjukin visa yg lama atau tdk?thx a lot

    • admin says:

      visa yang lama udah tertempel di passpor belum? kalau sudah mereka pasti akan melihatnya dan kemungkin untuk mengurus visa kedua kali akan lebih mudah..

  3. Danilo says:

    Min, Bagaimana dengan saya yang mau pergi berkuliah di USA (Andrews University), apakah pengurusannya juga susah seperti urus visa turis..??

  4. emily says:

    hai,saya mau tanya seputar pengajuan visa America,saya boleh minta emailnya kak?salam kenal.

  5. Cynthia says:

    Mau tanya, jadwal interview untuk pengajuan greencard usa saya tgl 4 dec ini.. kira-kira pertanyaan yang diajukan apa yah? Oya, sponsor saya adalah suami yang berkewarganegaraan USA. Terima kasih

    • admin says:

      pertanyaannya tergantung si pewancara mau tanya apa, tidak sama setiap orang, ada yang pertanyaannya bermacam-macam, ada juga yang pertanyaannya singkat, itulah misteri dalam pengajuan visa amrik hehe :)

  6. anton sumarna says:

    Min saya diajak saudara saya bekerja diusa dan biaya awal saudara sdh menjamin untuk hdp dsana.syarat yg harus saya untuk ksana gmana.mksdnya awal pertama kali yg saya urus apa?

    • admin says:

      rada susah ya untuk awal pertama kali langsung ingin mendapatkan visa kerja, yang jelas visa pertama mesti visa kunjungan dulu.. terkecuali kamu ada surat rekomendasi dari perusahaan di amrik sana yang menyatakan kamu akan kerja disana.. kalau hanya sekedar ikut saudara sepertinya rada berat untuk mendapatkan visanya..

  7. puja says:

    sore MIN
    saya mw nanya
    1. saya ingin pergi ke U.S.A untuk bekerja dan waktu yang tidak bisah di tentukan
    2. saya kurang bisah bahasa indonesia, ok lah di indonesia bisah pake b.indonesia wktu interview
    dengar-dengar klo sudah sampe di USA kta akan di interview lgi
    bagai mana itu? apakah di sana bisa pake b.indonesia lagi????

    . tolong ya MIN
    TERIMAKASIH :)

    • admin says:

      1. rada susah ya kalau mau urus visa, tapi waktu yang diinginkan tidak bisa ditentukan :)
      2. harus bisa bahasa inggris sedikit2x, nanti kalo gak bisa, dia tanya bagaimana kamu dapat bertahan hidup di amrik kalau tidak bisa bahasa inggris :)
      3. interview setiba di amrik, tidak semua, yang merasa dicurigai saja :)

  8. Hartono Putra says:

    itu untuk visa kerja atau bagaimana ya?
    saya ada paman diamerika klo misalnya dibantu urus dari amerika prosesnya sulit tidak ya?

  9. nunung says:

    min,saya ingin mengajukan visa amerika tetapi jika anak ikut dan masih sekolah apakah wajib melampirkan kartu pelajar atau boleh hanya melampirkan surat keterangan sekolah saja.

    • admin says:

      surat keterangan dari sekolah rasanya udah cukup, yang terpenting persyaratan yang paling lengkap adalah orang tuanya :)

  10. fitria handayani says:

    hi min..
    apakah untuk mengurus visa aupair USA ada syarat2 dan ketentuan khusus? kalo iya apa aja? mohon info dan bantuannya … makasi :)

  11. Dewi Ayu says:

    Slamat Siang Admin…
    Mohon dibantu untuk pertanyaan saya dibawah,
    1. Untuk persyaratan Visa Turis apakah rek koran / bukti tabungan harus dilegalisir oleh Bank atau tidak perlu?
    2. Untuk sponsorship, jika saya tidak memiliki kerabat di USA, bagaimana mendapatkan sponsor, apakah bisa cukup dengan bukti akomodasi (konfirmasi booking hotel) di USA atau bisa dibuatkan sponsorship letter dari tempat bekerja saya di Indonesia ?
    3. Travel Insurance masuk dalam persyaratan atau tidak ?
    Terimakasih

    • admin says:

      1. Tidak perlu dilegalisir
      2. Surat sponsor dari tempat kamu berkerja juga bisa
      3. Ya, bisa minta ke travel agent

  12. nadia says:

    min, ngurus visa buat au pair ada bedanya ga dengan ngurus visa seperti yang dijelasin di atas?
    Mohon bantuannya.. terimakasih.. :D

  13. Dewi Kusuma says:

    saya mau mengajukan visa turis ke us bersama ibu saya yg usianya 57 tahun.
    gimana caranya supaya pas interview bisa samaan, karena ibu saya ga bisa bhs ingris

    • admin says:

      masukkan berkas serangkap, dijadikan satu kamu dan ibu kamu, pas wawancara tidak selalu menggunakan bahasa inggris, ada yang menggunakan bahasa indonesia juga..

  14. ega says:

    cara buat green card gmn sih ? dan minimal buat menetap disana itu klo dalam rupiah brp….. trims :)

  15. divencia says:

    saya akan mengajukan visa ke usa,saya ke usa di sponsori sama perusahaan.tapi saya tidak memiliki buku tabungan,apakah saya akan lolos disaat interview nantinya?

  16. Oshe says:

    Hi admin,,,
    Saya study di australia klo saya mau mengajukan visa turis ke amerika apakah saya harus pulang ke indonesia atau saya bisa mengajukan langsung disini (australia)??? Apakah persyaratannya sama seperti yg ada di indonesia? Thx

  17. yeni says:

    saya berencana liburan sekolah ini akan mengajak anak liburan ke amerika,kalo mengajukan visa usa membawa anak yg masih sekolah,apa harus melampirkan bukti keterangan sekolah dan ijin dari sekolah?(dalam bahasa inggris atau indonesia?)walau dalam masa liburan.dan surat keterangan bekerja dr kantor apakah hrs dlm bahasa inggriss?

    • admin says:

      ya surat keterangan semua menggunakan bahasa inggris, untuk surat dari sekolah cukup lampirkan surat keterangan bahwa anak nya benar sekolah disitu, tidak perlu surat izin, hanya surat keterangan saja, bila memiliki semacam kartu pelajar sudah cukup kok.. yang terpenting adalah tujuan ke amrik harus jelas, finansial jelas, penginapan dan tiket juga jelas, pasti lancar-lancar saja.. good luck! :)

  18. Lana says:

    Saya berencana ke America karena pacar saya yang mengundang saya dan akan menanggung semua biayanya termasuk syarat2nya,tapi yang jadi kendala,saya belum pernah ke luar negeri dan passport saya masih kosong,apa mungkin saya bisa lolos sampai dapat visa America dan rekening saya tidak sampai 10jt,Trmksh

  19. restya says:

    apabila mau mengajukan visa ke US, tapi tdk punya dana yg mengendap di rekening sebesar 100 jt, let say cuma 1 jt tapi rek itu adlh rek u/ pmbyrn gaji dari kantor, akan tetapi kakak tiri saya stay di sana n sdh resmi jd US citizen n sdh menikah dgn warga US asli, bisa tdk kakak tiri saya sbg penjamin saya masuk US krn biaya hidup saya n tiket di tanggung oleh kakak tiri saya tersebut n sekitar next jun kakak tiri saya akan visit ke Jakarta setelah itu akan kembali lagi ke US n saya pergi ke US-nya bersama kakak saya n istrinya tersebut. syarat apa saja yg harus saya penuhi untuk pengajuan visa US tersebut? thanks before

    • admin says:

      rekening harus menggunakan rekening atas nama sendiri, walaupun di isyaratkan menggunakan rekening orang lain/sudara yang dapat membiayai hidup disana hal ini tidak dapat menjamin 100% diterima.

      syarat dan prosedur yang di ikuti dengan benar saja belum tentu dapat visa amerika, apalgia salah satu syarat dinilai kurang mencukupi..

  20. erny says:

    berapa dana yang harus disimpan dalam rekening bank sebagai persyaratan untuk bisa ke amerika

    • admin says:

      tidak ada ketentuan pasti soal besar dana dibank, yang jelas harus terlihat wajar saja, ongkos kamu berpergian ke amrik dengan tabungan harus sebanding, mungkin setidaknya diatas 50jt (tp ini bukan patokan yaa..)

  21. Shallomitha says:

    Dear Admim,
    Bagaimananya untuk mendapatkan visa, apabila orang America datang untuk menjemput saya dan menjamin kehidupan saya disana.
    Apakah saya juga harus memiliki deposit 100jt di rekening saya?

    • admin says:

      besar dana di tabungan tidak ada patokan resmi, yang terpenting adalah harus terlihat wajar dengan ongkos kamu berpergian ke amrik, disaat interview kamu bisa jelaskan bahwa di sana nanti segala biaya ditanggung oleh orang sana, kasih data2x lengkapnya..

  22. kristin says:

    Dear friend . Apakah. Kalau menikah di Indonesia. Dgn USA. Juga harus show. Uang 100 juga

  23. Rudy Evendy says:

    bagaimana untuk mendapatkan visa negara nicaragua?, karena mengingat negara tersebut terletak di benua amerika (amerika tengah) dan sampai kini kantor kedutaan nicaragua belum ada di jakarta,indonesia.
    apakah kalo ke nicaragua HARUS apply visa USA dahulu?. Mohon penjelasan dari pihak admin bagiam konsulat/visa.
    kalo boleh penjelasan detail dikirim ke alamat email : yerovahdydy@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya.

  24. Yuliana says:

    Saya kecewa dengan kedutaan USA, sudah wawancara tgl.25 April 2013, di kasih kartu kuning suruh tunggu, tp sampai hari ini tidak ada beritanya, begitu di tanya, jawabannya masih dalam proses, mendingan langsung di tolak aja, jadi jelas nggak gantung begitu.

  25. asri kunda says:

    Bagaimana ngurus visa anak yang umurnya 5 tahun

    • admin says:

      yang jelas harus ikut bersama orang tuanya, jadi pengurusan visanya orang tua berserta anak, tidak bisa anak saja.

  26. rusdiantoro says:

    apa persyaratan utama apabila ada permintaan tenaga kerja dari pekerja atase saudi arabia yang ada di amerika?saya sedang mencoba proses’a tapi belum tau mulai dari mana, mohon bantuannya, terima kasih

    • admin says:

      kalau dibilang persyarata utama, kami juga tidak bisa menentukan, sebab untuk mengurus visa amrik terkadang keberuntungan seseorang untuk mendapatkan visa berbeda-beda hehe, yang jelas mungkin adalah minta surat resmi dari perusahaan yang meminta kamu utk berkerja tersebut sebagai pelengkap mendapatkan visa, dan biasanya untuk mendapatkan visa pertama kali adalah untuk visa turis/kunjungan..

  27. Dimas says:

    Saya diundang sodara saya untuk berlibur kesana,,tapi saya tidak punya sponsor dari tempat kerja karena saya sedang menunggu panggilan pekerjaan di Cengkareng,,kira-kira bisa ga ya ??

    • Dimas says:

      Tapi untuk biaya sementara disana Sodara saya yang menanggung semauanya,,disini saya hanya mengurus visa saja..dan lagi saya tinggal disana dirumah sodara saya.

  28. virgo19 says:

    apakah untuk mengajukan visa amerika juga harus melampirkan ijazah?

  29. Benthara Wilaga says:

    aku di undang untuk bekerja dengan salah satu keluargaku disana, untuk tabungan minimal pembuatan visa kerja itu berapa yah mba/mas.. ? thanks

    • admin says:

      tidak ada patokan, yang jelas sewajarnya dan sabanding dengan biaya hidup disana, mungkin mulai 100jt (tapi sekali lagi ini bukan patokan pasti), keberhasilan mendapatkan visa amrik juga dapat meyakinkan disaat interview..

  30. rozsa says:

    Bagaimana dengan visa untuk kerja sebagai AU PAIR di USA, biaya berapa? dan apa benar kalau rekening terakhir tidak menunjukan angka bahkan 1 juta kemungkinan akan ditolak walaupun pihak keluarga au pair bersedia menjadi sponsor atau penjamin?

    • admin says:

      Dicoba saja lampirkan surat penjamin tersebut, tapi tidak bisa janji akan mendapatkan visa amrik, nanti akan di wawancara kalau penjelasan kamu bisa meyakinkan bisa saja kamu diloloskan visanya, ada juga yang persyaratan lengkap tapi ditolak, semua bergantung pada saat wawancara nanti dan maksud tujuan kita datang ke negara tersebut.

  31. Patricia says:

    Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah rekening koran tersebut harus aktif selama 3 bulan atau bagaimana ?

  32. Evi Wulandari says:

    saya warga negara indonesia di undang oleh pacar saya untuk mengunjunginya ke america, apa saja syarat sebagai sponsor untuk pihak yang mengundang?…

  33. Patricia says:

    Saya di undang salah seorang teman untuk berlibur dan merayakan Natal, dan saya di sarankan untuk berangkat pada 20 Dec 2012 ini.
    Yang menjadi pertanyaan saya adalah, bagaimana pengurusan Visa untuk berkunjung, berapa biayanya, berapa lama pengurusan, kalau tidak ada rekening koran selama 3 bulan apakah permohonan Visa saya akan di tolak ?

    • admin says:

      biaya 1,25 – 1,5jt, melalui proses wawancara, dari hasil wawancara bisa langsung tau disetujui atau tidak, setelah di setujui paspor yang disertai visa bisa diambil kurang lebih 5 hari kedepan, dan sangat kemungkinan besar bila tidak menyertakan rekening 3 bulan akan ditolak.

      * seseorang mengajukan visa usa dengan persyaratan dan kelengkapan yang lengkap saja dapat ditolak, apalagi persyaratan tidak lengkap :)

  34. Tini says:

    kebetulan saya baru nikah dengan warga negara amerika , sebelum menikah kami membuat petition(viance visa) di sana , olehh homeland security ternyata di tolak dengan beberapa alasan., . yang ingin saya tanyakan visa apakah yang bisa di aproved supaya saya bisa kesana dan berkumpul kembali bersama suami .terimakasih

  35. kelly says:

    Bukti keuangan 3 bulan terakhir berupa rekening Koran atau tabungan yang di photo copy dari halaman depan yang ada namanya sampai halaman terakhir transaksi..apakah jumlah tabungannya ditentukan berapa totalnya??

    • admin says:

      copy buku tabungan: sampul depan yang ada nama dan alamat cabangnya + 3 bulan terakhir (tidak perlu di copy semua halaman bila history sudah cukup lama/panjang lebih dari 3 bulan). untuk nominalnya tidak ditentukan namun untuk amannya tunjukkan bahwa keuangan kita wajar utk sanggup pergi ke amerika, misal nominal diatas 100jt walau hal ini tidak ada patokan yang mendasar..

      • DIMAS ANTARES says:

        Min,mohon petunjuk.saya ada rencana mau ke usa bersama istri untuk berlibur.sedangkan disana kamu mau mengunjungi kelg dari kakak tiri saya.kira2 sy butuh surat sponsor dr mereka gak?trs kira2 berapa besar rekening tabungan yg wajar untuk kesana yah?100 jt-120 jt bisa?

        • Ita says:

          Hi min, mamah saya citizen amerika dan berumur 78 thn, apakah bisa mamah saya untuk mensponsorin saya karena keadaannya kurang begitu sehat dan mamah saya hidup seorang diri di amerika dan suaminya sudah meninggal? Mohon saran dan petunjuknya min, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>