Kapernaum Rumah Dari Simon Petrus, Salah Satu Dari 12 Murid

Kisah kurang lebih 2000 tahun yang lalu kita masih dapat melihat keberadaannya. Kapernaum adalah sebuah desa nelayan di saat zamannya Hasmoneans. Terletak di pantai utara Laut Galilea. Ini memiliki populasi sekitar 1.500 penduduk.Penggalian arkeologi telah mengungkapkan dua sinagog kuno yang dibangun satu diatas yang satu lainnya. Sebuah gereja di dekat Kapernaum dikatakan dulunya adalah rumah Santo Petrus (salah satu dari 12 murid Yesus/Isa Al Masih). Bukti arkeologi menunjukkan bahwa kota itu didirikan pada abad ke 2 SM selama periode Hasmonean. Zona pemakaman ditemukan 200 meter di utara  rumah ibadat.

Meskipun nama Kfar Nahum adalah nama asli dari kota kecil, berarti “desa Nahum” dalam bahasa Ibrani, ternyata tidak ada hubungannya dengan nabi bernama Nahum. Dalam tulisan-tulisan Yosefus, nama ini diterjemahkan dalam bahasa Yunani sebagai Kapharnaum begitu juga dalam Perjanjian Baru (Kitab Injil). Dalam bahasa Arab, itu disebut Talhum.

Kota yang disebutkan dalam Injil Lukas di mana ia dikisakan telah menjadi rumah dari Petrus rasul, Andreas, Yakobus dan Yohanes, serta kolektor pajak Matius. Dalam Matius 4:13 kota yang dikisahkan Yesus singgah disini. Menurut Lukas 4:31-44, Yesus mengajar di sinagoga di Kapernaum pada hari Sabat. Yesus kemudian menyembuhkan orang yang memiliki roh dari iblis najis dan menyembuhkan demam pada ibu mertua Simon Petrus. Menurut Lukas 7:1-10, juga merupakan tempat di mana Centurion Romawi meminta Yesus untuk menyembuhkan anaknya. Lalu Kapernaum juga disebutkan dalam Injil Markus (2:1) dimana lokasi dari penyembuhan terkenal dari sesorang yang lumpuh diturunkan melalui atap rumah sebagai jalan pintas untuk mencapai Yesus. Menurut Injil Sinoptik, Yesus memilih kota ini sebagai pusat pelayanan publik-Nya di Galilea setelah dia meninggalkan dusun pegunungan kecil Nazaret (Matius 4:12-17). Ia mungkin memilih lokasi ini karena tempat ini adalah rumah dari murid pertamanya yaitu Simon (Petrus) dan Andreas.

Rumah Petrus, berbentuk kaca tertutup berfondasi gereja bersegi delapan, merupakan satu blok rumah, terletak diantara sinagoga dan tepi danau, ditemukan kelompok rumah-rumah pribadi yang dibangun sekitar abad 1 SM yang tetap digunakan sampai awal abad ke-4. Para excavator menyimpulkan bahwa satu rumah di desa itu dihormati sebagai rumah nelayan Petrus sejak pertengahan abad ke-1, dengan dua gereja yang telah dibangun di atasnya (Lofreda, 1984). Disini kita dapat melihat rumah-ruamh pada zaman itu terbuat dari batu yang disusun-susun hingga menjadi ruangan-ruangan. Dan disinilah rumah Petrus salah satu dari 12 murid Yesus/Isa Al Masih.

Kapal penangkap ikan, pada tahun 1986, air danau mencapai titik sangat rendah. Pada saat itu, sebuah perahu nelayan kuno ditemukan bahwa perahu itu diklaim berasal dari abad 1. Kapal perahu tersebut berbentuk panjang 8 meter dan terjaga dalam lumpur danau. Setelah proses menggali sulit yang harus diselesaikan sebelum air naik lagi, perahu itu digali lalu dipajang di zaman modern ini kita dapat melihatnya. Posisinya dekat Ginosar kibbutz sebagai The Sea of Galilea Boat.

Believe it or not! semua kembali kepada kepercayaan masing-masing.

6 Responses to Kapernaum Rumah Dari Simon Petrus, Salah Satu Dari 12 Murid

  1. monang says:

    Dahsyat perahunya y!!

  2. pelancong SakTI says:

    kisah-kisah para nabi ditemukan, keren! kalo aja ada pintu rahasia bisa masuk ke jaman era 2000 tahun lalu pengen juga liat peradabannya seperti apa waktu itu…. lg ngebayaginnnn..

  3. Bobby says:

    itu perahunya dilumutin sampe jadi batu karang bisa gitu ya hebat euy

  4. Deden says:

    atepnya ya pake batu juga hahay

  5. tHom4ss says:

    kebayang gak tuh hidup zaman dulu rumah dari batu, pasti gak perlu ac lagi,udah dingin tp atapnya pake apa ya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *